Banner Tiket Club

Sabtu, 17 November 2012

Kelilih Kota Brussel 1 Hari (Bagian 2)

Miniatur menara Pisa Italia

Di bagian 1 ceritanya sudah sampai di Mini Europe. Di bagian 2 ini saya akan teruskan cerita tentang Mini Europe dan perjalanan ke tempat yang lain.

Di sana dalam Mini Europe saya banyak mengambil foto miniatur bangunan-bangunan sampai jam 11.30. Dari sini saya balik lagi ke Grand Place. Sekarang tempat tsb sudah mulai ramai dengan  orang. Saya mengambil foto lagi di sekitarnya dan jalan ke pertokoan yang beratap kaca. Di sana banyak sekali orang, yang makan dan sekedar lihat-lihat. Terus saya jalan kaki ke arah katedral dan sempat masuk ke dalamnya. Di dalamnya ada beberapa jemaat yang sedang mendengarkan khutbah pendeta. Terus saya balik lagi ke Grand Place dan mengunjungi beberapa toko souvenir. 

Saya juga mengunjungi museum Maison du Roi, City museum di sekitar Grand Place. Tiket masuknya €3, dan di dalamnya banyak lukisan dan dokumen tentang sejarah kota Brussel. Di sana juga tersimpan koleksi baju patung Mennaken Pis yang pernah dipakaikan. Misalnya ada baju samurai dari Jepang yang dipakaikan tahun 1935. sedangkan baju dari Indonesia sepertinya belum pernah dipakaikan.
Mesjid di Brussel

Karena hari sudah siang saya mau mencari Great Mosque yang menurut peta yang saya print dari Google dekat dengan museum militer. Tapi museum militernya masih belum jelas alamatnya di mana. Setelah melihat peta gratis yang dikasih biro travel di Grand Place ternyata museum militer ada di dekat museum yang tadi pagi dikunjungi dekat gedung European Commision. Akhirnya saya balik lagi ke stasiun schuman dan pergi ke museum militer sambil mencari mesjid yang dituju.

Ternyata museumnya tutup, lalu saya putari sekitar tempat tsb untuk mencari mesjid. Akhirnya setelah jalan beberapa menit mesjidnya ketemu juga. Tempatnya sangat stategis, dekat dengan gedung European Commision dan dekat dengan museum militer. Setelah shalat dhuhur dan asyar saya berangkat lagi untuk melihat Gereja Basiliekvoorplein dekat stasiun Simonis. 

Gereja Basiliekvoorplein
Dari stasiun lumayan harus jalan agak jauh melewati taman. Di taman tersebut ternyata banyak perempuan Arab yang sedang bermain dengan anak-anaknya.
Di sekitar gereja tersebut juga banyak perempuan Arab yang sedang mengasuh anaknya.

Karena sudah cape, dari gereja ini saya balik lagi ke stasiun naik trem. Untuk sekedar ganjal perut, di stasiun Simonis ini saya membeli hamburger di restoran halal turki 2 buah. Lalu saya melanjutkan ke Park. Di sini saya melihat Place Royale, Petit Sablon, Gereja St. Maria dan gereja dekat Petit Sablon. Karena masih ada waktu, dari sini saya balik lagi ke Grand Place. Di Grand Place ini saya habiskan waktu untuk menunggu berangkat Bis jam 23.15. Di Grand place ini sore-sore rame sekali, banyak orang yang sekedar duduk-duduk. Dan ada beberapa kelompok lawakan yang mempertunjukkan pertunjukan konyol.

Grand Placemenjelang sore
Di sini saya menunggu sampai jam 10 malam, kemudian kembali ke Nordstation untuk persiapan berangkat pulang naik Eurolines. Jam 23.15 sudah diperbolehkan masuk ke bis. Warna bisnya berbeda dengan biasa dan tempat kakinya lebih lapang sehingga bisa selonjoran kaki. Bis berangkat jam 24 dan datang di Hbf Hamburg jam 6 pagi. Saya datang ke rumah kost jam 6.30 pagi.